Perubahan yang Sangat Terlihat

Pembuatan poster SWOT yang saya buat tidak semudah yang dilihat dan tidak dilakukan dalam waktu yang singkat. Banyak sekali suka duka yang saya rasakan saat pembuatan SWOT ini. Berawal dari penentuan topik SWOT yang nantinya akan saya buat, mulai dari mencari dasar pembuatannya dengan melihat hasil desain senior yang sekarang semester 4 dan juga mendapat pengarahan dari dosen kami Pak Bayu. 

Saya berfikir saat awal apa maksud dari tugas ini dan untuk apa nantinya, apa mungkin berguna bagi kehidupan ku diwaktu yang akan datang?. Namun, semua itu saya lakukan karena itu merupakan sebuah tugas bagi saya dan harus untuk dikerjakan.

Saat-saat pertemuan pertama dilakukan, kami semua diberikan sebuah pengarahan oleh pak Bayu, dan pak Bayu menunjukan contoh milik senior yang telah dikumpulkan padannya. Setelah itu kami dianjurkan untuk memilih cita-cita apa yang akan saya pilih ditahun yang akan datang, dimana hal tersebut brhubungan dengan prodi yang saya tempuh dalam kampus Politeknik Negeri Media Kreatif saat ini, yaitu prodi penerbitan. Setelah cita-cita itu sudah dipilih, kami berlanjut untuk membuat sebuah analisis yang berhubungan dengan cita-cita yang telah kita pilih tadi. Kebetulan saya memilih bercita-cita menjadi seorang editor buku anak, dan plan lainnya saya ingin menjadi seorang penata letak buku anak, karena saya sangat menggemari buku-buku yang berhubungan dengan anak-anak. 

Dalam proses pembuatan tugas SWOT ini kami melalui tahapan konsultasi disetiap pertemuan bahasa indonesia. Kami saling berebutan untu maju kedepan melakukan konsultasi, karena ingin tugas ini cepat terselesaikan sekaligus mencari nilai yang terbaik. Dalam proses konsultasi ini, dosen kami pak Bayu memberikan revisi-revisian yang berupa kesalahan kata, kesalahan isi, atau desain yang kurang sesuai dengan isi tugas kami ini. Saya selalu mendengarkan kesalahan dan revisian yang harus saya rubah sesuai dengan perintah dari dosen saya ini. 

Hari berlalu setiap minggunya, akhirnya saya mendapatkan ACC cetak. Tanpa berfikir panjang saya dengan teman saya petra bergegas untuk mengeprint tugas SWOT ini, sampai-sampai dalam satu kelas saya ini yang berisi 30 orang hanya saya, dimas dan petra lah yang sudah mengumpulkan, karena kegigihan dan semangat kita untuk segera selesai. 

Setelah tugas itu dikumpulkan, dan satu tugas lagi saya tempel pada pintu kamar saya, dari situ juga saya menyadari bahwa tugas SWOT ini sangat penting dan bermanfaat untuk kehidupan saya di tahun yang akan datang. Bagaimana tidak, saya setiap ingin memasuki kamar melihat poster tersebut menjadi tergerak untuk selalu berusaha untuk mewujudkan cita-cita itu, walaupun mungkin semua itu sulit saya lakukan tanpa sebuah proses yang panjang. Karena poster ini juga saya jadi lebih rajin membaca, yang bagi saya hal tersebut sangat penting dan berguna bagi kehidupan ku di tahun yang akan datang. Karena saya memiliki tuntutan membaca tiga buku yang harus saya selesaikan untuk mencapai cita-cita saya. Akhirnya berkat semangat yang saya miliki setiap harinya untuk membaca 30 menit perhari, memberikan saya untuk dapat menyelesaikan membaca tiga buku ini. Namun, walaupun tiga buku terutama yang ditugaskan kepada saya telah terselesaikan, tapi saya tidak berhenti sampai disitu, saya juga mulai membaca buku-buku yang lain, untuk menambah ilmu ditahun yang akan datang. 

Trimakasih pak Bayu atas tugas yang diberikan kepada saya berupa tugas SWOT ini. Dengan ini saya jadi giat dan mau membaca buku, padahal yang awalnya saya malas dan tidak mau membuka buku, sekarang sedikit-sedikit saya jadi mau membaca dan memahami buku-buku yang saya miliki sesuai dengan cita-cita yang akan saya raih. 

Komentar

  1. Selamat, langkah awal telah kau pijak.. Langkah-langkah berikutnya bergantung pada spirit harianmu ya, Nak.. Sukses pasti kau dapat, kelak.. Aamiin. Kunjungi jg web sy di www.alfamedia.id (Pak Bayu Dwi Nurwicaksono)

    BalasHapus
  2. Amin pak. Makasih ya pak😊

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Masak Bareng TRedator